Tuesday, April 12, 2005

PART 2

sambungan dari postingan kemarin...

saya sering diskusi atau tepatnya saling tukar pikiran dengan salah satu teman sepikiran dan alangkah senangnya karena dia adalah salah satu dari sedikit orang yang mau dengan sabar mendengarkan cerita" dan impian saya, terutama tentang menjadi guru :)

dan lagi..saya dapat bisa mengutarakan pendapat, opini, kebimbangan", kiat" mengajar, dan pertanyaan" mulai dari apa bedanya antara satu kelas dengan yang lain, what each class or age personality traits, apa yang harus saya berikan berkaitan dengan kurikulum dalam kelas, kreativitas untuk tiap kelas, sampai pada good and bad side setiap langkah kita....

menanggapi komentar postingan terdahulu ini, saya mencoba kembali refleksi, apa emang udah takdir saya berkecimpung di dunia ini atau saya masih belum menemukan dunia yang sebenarnya.

kalo mau ditilik lebih lanjut, secara kebetulan, sebenarnya saya sudah sering 'berurusan' dengan anak", dari saya ingusan sampai sekarang. Jadi mungkin memang saya di 'arahkan' secara tidak sengaja untuk masuk dalam dunia ini. MUNGKIN SAJA...

dan kadang kita butuh orang lain untuk 'menyadarkan' kita untuk tahu apa yang kita mau. fair kah? tidak tahu juga, idealnya, kita sendiri harus lebih aware untuk apa yang kita kehendaki...at least...for the time being...perhaps..

mungkin sama dengan apa yang pernah ditulis Tia, mau apa sekarang? saya malah bertanya, mau ke mana lagi sekarang? karena begitu banyak pilihan, apakah saya mau terus mengajar, atau menjadi akademisi saja? atau malah tidak sama sekali? atau hanya bertindak dari belakang layar saja?

saya sering bertanya, dan hampir semua menjawab "cuma loe yang tau, tin, trial and error tuh bagus juga lagi, biar tau cocoknya loe dimana"

so far, based on what I've been through and what people see in me...I think I'd better be a teacher, I love teaching...

Dunia yang saya geluti sekarang ini, sebagian besar memang menyangkut apa yang dinamakan MENGAJAR, tapi lagi" saya memang banyak maunya, ada suatu tantangan tersendiri apabila saya merasa bisa menyelesaikan salah satu kurikulum, mata pelajaran, atau tugas" yang berkaitan dengan apa yang harus saya ajar. karena saya bukan tipe follower, saya juga ingin jadi producer :P...

dulu saya sering minder, apalah artinya seorang guru di mata orang", bahkan teman" sering bingung, kok mau"nya saya menjadi guru, apalagi guru TK, preschool or whatsoever. Di mata mereka, aaalaaah guru TK kerjaannya cuma nemenin anak" maen, makan, nyanyi, senang" terus, santai dan ga susah, beda dengan kerjaan mereka yang harus lembur, stress, kejar deadline sana sini...

tapi? sekarang saya berani 'menegakan kepala dan mengatakan, hei..tintin tuh guru lagi"...dan orang" terdekat saya juga mulai melihat, dan mengakui, tertarik dengan apa yang saja geluti, " eh tin kayaknya loe enjoy bgt yach ama kerjaan loe skrg? g jg tertarik nih, apa aja sih requirementsnya? susah ga???"

bahkan pernah teman saya menelp malam, "Tin, anak g ga mau tidur nih kalau ga nyium bantal yach?", "kok tidurnya harus lewat jam 10 terus sih? normal ga sih anak g?", "g dikasih tips donk biar anak g bisa cepetan ngomong", atau "eh tin, anak g sukanya makan pisang mulu nih ketimbang bubur, gimana donk?" bla bla bla" ....atau salah satu teman yang dengan heboh membawa setumpuk buku dan meminta saya memilih mana yang relevan untuk anaknya (wah jd inget waktu itu, mir hahahhaa...lucu juga)

Beberapa surat elektronik yang saya terima berupa diskusi dan tanggapan pertanyaan" seputar young children dari orang" yang cukup menguasai dunia tersebut juga membuat saya semakin berpikir..mungkin ini memang jalan yang harus saya jalani...

dan last but not least..my babba juga terus mendukung dan mengakui eksistensi keguruan saya :)

saya terus bersyukur....walaupun once in a while, tidak jarang mereka masih bertanya, kenapa guru? tapi mereka tidak pernah memaksa saya untuk menjadi seorang engineer, sayang kan gelar yang didapat kemaren ini?? but I'd rather kill myself if I am asked to be an engineer...

Pilihan...memang menyulitkan...di satu sisi saya merasa dunia saya mengajar, tapi saya tertarik juga dengan dunia akademisi...atau? justru karena dibebaskan saya semakin bingung...
saya masih berkutat...sekaligus bersyukur, masih ada waktu untuk berpikir...dan bertanya.. "IS IT TEACHING, EDUCATION, OR EVEN LITERACY"....setidaknya saya senang dan menikmati apa yang saya jalani sekarang...saya pasti tahu somehow..someday

No comments: