Saturday, April 09, 2005

BAHASA

seseorang sering menyarankan saya untuk memakai, berbicara, atau menulis dengan bahasa yang benar. padahal menurut prinsip saya, kalau orang lain bisa mengerti mengapa kita tidak memakai bahasa yang simple saja? apalagi kalau orang yang kita ajak bicara itu berada pada level yang sama (baik dalam umur, pendidikan, atau hubungan)

jadi kali ini saya mencoba untuk menggunakan bahasa 'yang benar'...*walaupun agak canggung*

dan belakangan ini saya juga lagi hmm mempelajari sambil mencoba mengerti dasar munculnya kata" singkat atau idiom" ataupun icon" pesan telepon seluler, surat elektronik, atau obrolan" singkat.

hal ini muncul tanpa ada 'hukum atau aturan tertentu'
seperti bahasa" slank yang mulai populer di indonesia, sering disebut bahasa gaul, terutama sekali sering dipakai oleh remaja, anak" muda, eksekutif" muda, selebritis, atau kaum waria

akan tetapi, hal yang akan saya bahas kali ini adalah bahasa 'gaul'nya orang amerika, walaupun belum begitu dikenal secara luas. hal ini sempat mendapat perhatian khusus dari beberapa pengajar karena mereka mendapati essay murid"nya dikumpulkan dengan bahasa yang sama sekali tidak mereka mengerti

misalnya:
my smmr hols wr cwot. b4, we used 2go2 ny 2c my bro, his gf & thr 3 :- kids ftf. ilny, it's gr8 plc

mau tau artinya?
my summer holiday were a complete waste of time. before, we used to go to new york to see my brother, his girlfriend, and their three screaming kids face to face. I love New York, it's a great place.

ada lagi

hi, hru? ltnc. w@ ru don 2nite? ltsGt2gthr. pcm asap. gtsy. cul

artinya:
Hi, How are you? What are you doing tonight? Let's get together. Please call me as soon as possible. Good to see you. see you later

hmm...lumayan membingungkan bukan?

dan saya beberapa kali mencoba mempraktekkan hal ini. Hasil yang saya dapat? Sejumlah pertanyaan dari teman" yang sama sekali tidak mengerti apa maksud saya. Beberapa malah membalas dengan kemarahan :(. Ini karena barrier bahasa lagi, atau memang saya yang memang agak susah untuk memakai bahasa yang benar? pr buat saya lagi..

bingung juga yach kalau bahasa yang ada makin berkembang? maksud hati mau mempersingkat waktu dengan menggunakan bahasa singkat..hasilnya malah mengecewakan

saya juga sering berpikir, alangkah indahnya bahasa" yang ada di dunia skrg ini, dengan segala keunikan dan ciri khas masing", walaupun ga jarang hal itu juga jadi barrier dalam beberapa hal. saya adalah salah satu pengagum mereka yang dapat menguasai berbagai bahasa berbeda. Alangkah bagusnya juga apabila ada satu bahasa saja di dunia ini. jadi kita bisa berkomunikasi dengan leluasa dan tidak mendapatkan respon yang tidak kita kehendaki....karena semua orang tidak mempunyai bahasa sendiri"

one world = one language...is it possible???

No comments: