Sunday, September 04, 2005

Just a thought....

kemarin saya berkunjung ke rumah salah satu murid saya. it was one part of my program supaya lebih mengenal family background dan bagaimana anak" di rumah. as we know sometimes they act different at home and school...

saya menghabiskan waktu sekitar 3 jam bersama keluarga tersebut. dan mendengar cerita mereka bagaimana proses settle down mereka waktu pertama kali migrate ke australia memang patut diacungi jempol. ini menggelitik hati saya untuk melihat dari segi fairness

keluarga ini merupakan salah satu dari Sudanese Refugee yang migrate under UN program. Sang ayah bercerita apabila mereka benar" tidak tahu apa", keadaan dan kondisi di sini sampai mereka tiba dan melihat dengan mata kepala sendiri.

Tempat tinggal sementara yang tidak memadai, perlakuan tidak mengenakan dari pihak imigrasi yang semestinya bisa assist mereka sampai mereka settle down.
dan segala tetek bengek yang ternyata tidak sesuai dengan harapan dan janji yang diberikan pada awalnya.

Saya patut mengacungi jempol untuk keluarga ini karena mereka benar" berusaha dari bawah, dan yang membuat mereka survive karena mereka percaya kalau mereka bisa lepas dari situasi tidak kondusif tersebut. bayangkan saja, pada saat awal mereka mendarat setahun yang lalu, sang istri juga sedang mengandung besar, mereka tidak tahu sama sekali jalan di kota ini, akses transportasi, uang secukupnya (itu pun dana dari UN), dan musim yang berbeda dengan tanah air mereka.

Dan karena mereka tidak tahu bagaimana akses untuk melapor kepada pihak perwakilan UN, akibatnya dana setiap bulan yang seharusnya mereka dapatkan di stop. Hal ini terjadi dengan alasan bahwa mereka terlambat melapor

untunglah masih ada orang" yang membantu dan assist mereka hingga mereka bisa bertahan sampai sekarang. dan semangat bertahan mereka memang tidak sia".

waktu mendengar cerita itu, saya sempat berpikir. kadang situasi memang sering tidak adil buat kita. di mana kita sudah membuat effort sebaik mungkin, hasil dan perlakuan yang kita terima di luar dari perkiraan dan yah...tidak adil. janji dan harapan yang diimingi"i dari awal ternyata jauh berbeda dari kenyataan yang diterima.

keadilan...fairness...or so-called humanity, memang susah sekali bisa dipraktekkan sesuai standar.

acara home visit saya kemarin memang jadi lebih 'rame'. mulai dari menghabiskan waktu bercerita tentang si anak sendiri. bagaimana sifat, kebiasaan, dan aktivitas sehari" selain sekolah. juga tentang keluarga itu sendiri. tak lupa saya disuguhi african food for the big lunch ^_^....it was fun..and it's really worth knowing something beyond your mind...

saya harus sering berkunjung ke rumah anak" yang lain, dan saya yakin, semakin bertambah pula informasi dan isi otak saya dengan cerita yang berbeda, unik dan berwarna lainnya...

until then.....

No comments: