Tuesday, June 14, 2005

WHY

(during lunch time)

Taylah: T, where are your children?

Me: I don't have any

Taylah: Why? Did you leave them at home?

Me: No, I don't have any children yet. I have you all here

Taylah: Why? You should have one. Why?

Bingung kan bagaimana menjelaskannya?

kadang memang menjelaskan sesuatu ke anak" itu jauh lebih complicated dibandingkan ke orang dewasa. Butuh waktu dan kesabaran? itu pasti..tapi yang lebih susahnya itu adalah menjelaskan teori dasarnya dan apa yang membuat sesuatu terjadi dengan bahasa anak" dan masuk dalam pola pikir mereka...tidak sesimple apa yang ada dalam konsep pikiran kita

seperti presentasi literacy saya semester ini, saya harus menjelaskan mengenai literacy in early childhood. presentasinya di depan teman" sekelas dan lecturer, tetapi dengan konsep presentasi buat anak".

sejak awal memang sudah diingatkan untuk selalu berpikir bahwa apa yang akan dipresentasikan ini diumpamakan adalah seperti mengajar di dalam kelas. untuk level kelas tertentu, bahasanya mesti bagaimana, mesti menyiapkan back up dan bahan di kelas, apa yang harus disiapkan dan segala macamnya. saya mesti weaving atau berjalan dan melihat apa yang dapat dibantu. sementara yang ada di depan mata saat itu berkebalikan dengan apa yang harus saya lakukan...

dan...memang..susah sekali untuk bisa adjust dan mengibaratkan bahwa ini adalah simulasi mengajar di kemudian hari. sementara saya berbicara di depan teman" sebaya, dan pada saat yang sama harus mengibaratkan bahwa saya sedang menghadapi anak".

it went quite well. walaupun saya kembali diingatkan untuk menjaga intonasi bicara karena terlalu cepaaat. apalagi nanti kalau saya berbicara dan menjelaskan untuk anak" *penyakit menahun kalau yang ini mah*

well....practise makes perfect anyway :P

No comments: