Wednesday, July 07, 2004

LEARNING by DOING

dulu...g pernah baca....Confucius pernah ngomong gini...

"What I hear, I forget...
"What I see, I remember...
"What I do, I know...

Dari sana kita bisa ngambil kesimpulan kalo sebagian besar orang cenderung lebih memilih untuk lebih tau apa mereka punya kesempatan utk melakukan sesuatu dibandingkan hanya diam dan menikmati hasilnya aja. Bukankah menikmati hasil dari usaha sendiri lebih berasa dan dalam artinya??? beda lagi kasusnya kalo kita ga dikasih kesempatan sama sekali untuk turut ambil andil di dalamnya.

Pada kenyataannya, semakin banyak kita terjun langsung dalam suatu 'proses belajar' mau apapun bentuk proses tersebut, semakin besar pula 'impression' yg ada dan semakin dalem pula hasil yg diperoleh itu melekat di dalam diri kita

Tapi..namanya juga manusia..(sering ga sih kita ngomong n defence diri sendiri dgn bahasa ini --> namanya juga manusia hmm...)

dan kembali..menurut Fauth, seorang ahli visual arts dan pelatih drama, movement dan gerakan untuk anak2, kita punya keterbatasan untuk menyimpan apa yg udah kita pelajari itu..apapun caranya...yaitu :

10% dari apa yang kita baca
20% dari apa yang kita dengar
30% dari apa yang kita liat
50% dari apa yang kita dengar dan liat pada waktu yang bersamaan
70% dari apa yang kita dengar, liat dan katakan, dan akhirnya
90% dari apa yang kita dengar, liat, katakan, dan lakukan

emang...'learning by doing' itu salah satu dari banyak cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk selalu update dan dapet apa yang kita cari..tul ga???

No comments: