Monday, April 07, 2008

running smoothly

salah satu nightmare g kalo lagi di kelas..adalah ngeliat anak" nganggur ga ada kerjaan

dan yang jadi salah satu kunci supaya anak" ga 'bengong ato terkesan nyasar di kelas alias ga tau mo ngapain...adalah dengan menyediakan cadangan materi...khususnya buat fast finishers yang seringkali dengan cepatnya nyelesaiin kerjaan mereka...dan dateng dengan pertanyaan:

"Here. I'm done, Miss. A. what should I do now?'
atau
"I've finished, Miss. A. what do you want me to do next?"
atau
"I've completed all these tasks. is there anything else I can do?"

hmm masih inget awal" g di kelas. g sempet kelabakan nyediain materi" biar pas ama waktu ngajar g...dan seriiing kali g berasa anak" ga ngelakuin apa" seharian...dan itu ngebuat g berasa bersalah setengah mati.

tapi kalo anak" keasyikan ngerjain sesuatu sementara masih banyak kerjaan yang harus di catch up hari itu? g mesti gimana? bingung kan? walaupun pada dasarnya g senang sekali ngeliat anak" bisa berdiskusi dengan teman"nya, ngerjain project mereka sampai lupa waktu..

seperti kemarin ini...kami lagi ngerjain project Australian Wildlife di library...g udah nyediain waktu selama 1 jam untuk ini. tapi dari pembahasan awal...anak" udah sibuk nyari bahan di comp, ngebuka" ensiklopedia atau literatur, nyari" di buku bacaan..atau bolak balik ke meja g buat nanya...

ini udah dikerjain selama beberapa minggu tapi tetep aja mereka ga bergerak dari meja masing" waktu g bilang:

'ok, children. time is up. we need to go back to our class now"

jawaban mereka:
"noooooo......we haven't finished yet. we're still working on it, Miss. A. Can we please stay here for a bit longer?"

'sigh"..

No comments: